Minggu, 20 Juli 2008

SBY SERAHKAN BANTUAN LANGSUNG PNPM & KUR


SBY SERAHKAN BANTUAN LANGSUNG PNPM RP. 414.96 M

Simalungun: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara, pada hari ketiga kunjungan kerjanya ke Sumatera Utara, Sabtu (19/7) pagi, melakukan panen raya padi bersama petani, serta menyerahkan bantuan langsung masyarakat PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri, dan menyaksikan penyerahan KUR (Kredit Usaha Rakyat), di Panambeian Panei, Kabupaten Simalangun – Sumatera Utara


Pada acara ini, Presiden menyerahkan Bantuan Langsung Masyarakat PNPM Mandiri Tahun 2008 kepada Gubernur Sumut Syamsul Arifin senilai Rp. 414,97 milyar. Presiden juga secara simbolis menyerahkan Bantuan Langsung Benih Unggul (BLBU) yaitu berupa padi non hibrida sebanyak 1.125 ton setara Rp.5,8 millyar, padi hibrida 13,5 ton senilai Rp. 0,7 millyar, jagung hibrida sebanyak 225 ton senilai Rp.7,9 millyar serta kedelai sebanyak 96 ton atau senilai Rp 1,1 millyar. Selain itu Presiden menyerahkan bantuan 3 ribu paket sembako kepada masyarakat kurang mampu.


Presiden juga menyaksikan penyerahan KUR secara simbolis, dari Dirut BRI senilai Rp. 299,864 milyiar kepada 40.126 debitur, dari Dirut Bank Mandiri senilai Rp 119,8 milyiar kepada 1412 debitur, dan KUR yang diserahkan Dirut Bank BNI senilai Rp. 104,276 milyiar kepada 703 debitur. Sementara itu, Gubernur Sumut menyerahkan bantuan 10 unit hand tractor kepada kelompok tani, ditambah bantuan BNI 5 unit hand traktor dan 20 unit hand spray.


Sedang Dirut PTPN III menyerahkan bantuan 10 unit hand tractor, dan Dirut PTPN IV juga menyerahkan 10 unit hand tractor kepada kelompok tani.Dalam sambutannya, Presiden SBY mengatakan bahwa kalau kita pandai menanam dan memelihara, pastilah dengan kuasa Tuhan akan mendapatkan buah, akan memanen dan mendaptkan hasil yang baik. "Yang saya sampaikan ini sebuah falsafah yang baik. Sebaliknya kalau kita lalai, malas dan kita melakukanya dengan asal-asalan, maka hasilnya juga biasa-biasa saja," tambahnya. Untuk itu sudah menjadi kewajiban negara, termasuk kewajiban pemerintah daerah, untuk melakukan apa saja agar pertanian berjalan semakin baik.

Tidak ada komentar: