Kamis, 24 Juli 2008

KESEHATAN UNTUK RAKYAT MISKIN

PROGRAM KESEHATAN PRO RAKYAT MISKIN
JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT

Dalam menuju kehidupan yang lebih baik, terutama membantu rakyat miskin, SBY melalui pemerintan yang dipimpinya telah melaksanakan berbagai program pro rakyat. Khusus dibidang kesehatan, pada tahun 2008 ini pemerintah menggulirkan program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) sebagai pengganti program Asuransi Kesehatan Untuk Keluarga Miskin (Askeskin).

Untuk menjamin rakyatnya, SBY melalui program ini memberikan bantuan sosial untuk pelayanan kesehatan bagi 19.1 juta rumah tangga miskin atau 76.4 juta rakyat miskin dan hampir miskin seluruh Indonesia, dengan anggaran sebesar Rp. 4.6 triliun.
Pemerintah menjamin, dalam hal ini Departeman Kesehatan, akan memberikan sanksi kepada rumah sakit yang menolak pasien miskin dengan memasukan rumah sakit itu ke daftar hitam.
Namun suksesnya program pro rakyat tersebut, sangat ditentukan oleh partisipasi berbagai pihak, sesuai bidang dan fungsinya masing-masing.
Adalah suatu hal yan sangat disayangkan dan tidak boleh terjadi bila ada kasus pasien miskin yang terlantar, mengingat adanya program kesehatan pro rakyat yang telah dilaksanakan oleh pemerintah. Mari kita sukseskan program ini, dengan melaksanakannya secara jujur dan tepat sasaran.

Tidak ada komentar: